MENGENAL PROGRAM APLIKASI LEMBAR SEBAR (SPREADSHEET)

Pondok Microsoft Office: Secara singkat dapat dijelaskan bahwa pengertian dari program aplikasi Lembar Sebar (Spreadsheet) adalah sebuah aplikasi komputer yang mensimulasikan lembaran kertas kerja yang menunjukkan akuntasi atau data lain dalam baris dalm kolom [Tabel].
Di lihat dari asal katanya lembar sebar adalah analogi ketika sebuah halaman buku yang berhadap-hadapan terpisah oleh sebuah lipatan di tengah  dan ketika lembar tersebut di sebar (dilebarkan) maka tadinya dua halaman  sekarang menjadi satu halaman besar.
Konsep lembar sebar elektronik diperkenalkan tahun 1961 oleh Richard Maattesich untuk sebuah simulasi keuangan yang diperuntukkan ke komputer-komputer mainframe dan dibuat menggunakan FORTRAN.
Pada akhir tahun 1970 dan awal 1980 setelah Dan Bricklin mengimplementasikan VisiCalc yang merupakan aplikasi lembar sebar pertama yang menggabungkan semua fitur-fitur aplikasi lembar sebar modern. Dari sinilah lalu konsep lembar sebar semakin dikenal.
Seperti halnya pada program tentang word processor yang mempunyai berbagai macam jenis, program aplikasi lembar sebar pun ada bermacam-macam.
Macam-Macam Software Spreadsheet
Berikut ini adalah beberapa dari sekian banyak jenis program spreadsheet yang ada, antara lain:
a. KSpread
KSpread merupakan aplikasi  pengolah angka (Spreadsheet) yang bersifat open source dan multiplatform.Open Source artinya progra itu diperbolehkan untuk dirubah, termasuk kode program untuk menambah fitur-fitur pada program tersebut. Sedang Multiplatform artinya program itu dapat di jalankan di berbagai sistem operasi yang ada.
berikut gambar KSpread
Tampilan program KSpread
b. StarOffice Calc
Program ini juga termasuk program yang bersifat Multiplatform. Tetapi program ini mempunyai kemampuan untuk  mengenali dan mengklarifikasi data yang ditempatkan di lembaran kerja dan membantu penggunanya untuk membuat grafik dari data tersebut.
adapun gambar StarOffice Calc aalah
tampilan program StarOffice Calc
c. OpenOffice Calc
Sebagaimana KSpread, program  ini juga merupakan  aplikasi pengolah angka yang bersifat Open Source dan Multiplatform. Namun OpenOffice Calc ini memiliki tampilan jendela yang dilengkapi dengan menu-menu dan tombol-tombol toolbar dan di desain agar mudah untuk digunakan.
tampilan program openoffice calc
d. GNumeric
Gnumeric merupakan aplikasi pengolah angka yang termasuk keluarga GNOME Office. Aplikasi ini juga bersifat Open Source dan Multiplatform. Dengan program aplikasi lainnya, GNOME termasuk program aplikasi tingkat tinggi yang dikembangkan dalam proyek GNOME Office.
e. Abacus
Abacus adalah aplikasi pengolah angka yang hanya membutuhkan memori kecil dan sangat mudah digunakan. Aplikasi ini awalnya dikembanhgkan sebagai proyek mahasiswa Universitas IST, Portugal.
tampilan program abacus
f. WingZ
WingZ bukan sekadar aplikasi pengolah angka biasa, program ini dilengkapi dengan  perangkat alat bantu untuk menganalisis data dinamis dengan fungsi-fungsi lengkap dalam bidang statistik, rekayasa dan keuangan serta dengan adanya ketrsediaan matriks lembaran kerja yang multiplayer. Sifat dari aplikasi ini multiplatform dan freeware merki dibatasi hanya untuk penggunaan nonkomersial dan tidak untuk dijual kembali.
g. XESS
Aplikasi ini dibuat oleh AIS dan bersifat multiplatform. XESS dikeluarkan dalam 2 versi, versi interprise digunakan pada tingkat perusahaan.  Dan versi Lite digunakan untuk perorangan.
tamipilan program XESS
h. xxl
Aplikasi ini dikembangkan oleh Universitas Nice dan dapat digunakan pada komputer yang menggunakan sistem Unix. Tampilan apliksi ini sederhana dan mudah digunakan, karena berbasis GUI, dan dilengkapi dangan fungsi-fungsi kompleks yang tidak ada di aplikasi pengolah angka lainnya.
i. Lotus 1-2-3
Merupakan aplikasi pengolah kata yang dikeluarkan oleh IBM dan dapat dijalankan pada komputer dengan menggunakan sistem operasi berbasis Windows. Lotus 1-2-3 mempunyai kemampuan untuk mempertukarkan dokumen dengan aplikasi lain, seperti excel dan merupakan pengolah angka yang paling tua.
tampilan program Lotus 1-2-3
j. Microsoft Excel
Microsoft Excel adalah aplikasi pengolah angka yang dikeluarkan oleh Microsoft, perusahaan perangkat lunak terbesar di dunia. Microsoft excel hanya dapat dijalankan di sistem operasi Windows dan tidak pada sistem operasi lain.
tampilan program Microsoft Excel
Excel mempunyai tampilan yang dilengkapi dengan menu-menu dan tombol-tombol toolbar yang memudahkan penggunanya menjalankan perintah yang diinginkan.

Demikian pembahasan tentang program aplikasi pengolah angka dan beberapa jenis dari program itu yang bisa kita gunakan sesuai kebutuhan,,,,,semoga pengetahuan ini bermanfaat,, bila ada yang salah mohon dibenarkan dan jika ada yang kurang mohon dilengkapi.......

No comments:

Post a Comment