MEMAHAMI ALAMAT CELL DAN FUNGSINYA DALAM RUMUS EXCEL

Pondok Microsoft Office  kali ini memberikan pembahasan tentang alamat cell, suatu hal yang sangat penting ketika kita mengoperasikan rumus excel
Microsoft Excel membedakan Alamat Cell itu menjadi 3 (tiga) macam, yaitu:
A. Alamat Cell Relatif.
Yaitu alamat cell yang jika disalin ke cell lain, maka rumus atau data yang ada di dalamnya akan menyesuaikan perpindahan kolom dan baris.
Contoh alamat cell relatif : B1
B. Alamat Cell Absolut.
Artinya alamat cell yang terkunci (kunci kolom dan baris) dalam suatu cell tertentu sehingga jika menyalin suatu rumus yang menggunakan data dalam  cell tersebut akan tetap (dari cell tersebut atau tidak terpengaruh oleh perpindahan kolom dan baris).
Contoh alamat cell absolut : $B$1
C. Alamat Cell Semi Absolut
Alamat cell semi absolut di bagi menjadi 2 yaitu, semi absolut kolom  dan  semi absolut baris.
Alamat Cell Semi Absolut Kolom yaitu suatu rumus yang apabila disalin ke kolom lain, maka tidak akan dipengaruhi oleh perubahan kolom itu tetapi jika disalin ke baris lain rumus itu akan mengikuti perubahan baris.
Contoh Alamat Cell Semi Absolut Kolom : $B1
Alamat Cell Semi Absolut Baris, rumus dengan menggunakan alamat ini apabila disalin ke baris lain maka tidak akan dipengaruhi perubahan baris itu, tetapi apabila disalin ke kolom yang lain, maka rumus tersebut akan mengikuti perubahan kolom.
Contoh Alamat Cell Semi Absolut Baris : B$1
Untuk lebih jelas lihat contoh penggunaan:
contoh data alamat cell
Bentuk rumus pada data di atas adalah
Rumus di Cell D9 :  =$C9*$C$6*$C$5
Lihat hasilnya di bawah ini.
hasil penggunaan alamat cell
Keterangan Rumus;
Ø Data Jumlah Hari Denda hanya berada di kolom C baris ke 9 sampai 18, kalo di copy atau ditarik ke bawah data harus berubah tetapi kalo di copy ke kanan data tidak boleh berubah. So alamat itu dijadikan Semi Absolut Kolom (kolomnya saja yang dikunci)
Ø Data besar potongan (10%) hanya satu dan berada di cell yang satu (C6) maka ketika di copy atau ditarik tidak boleh berubah. Jadi harus di jadikan alamat cell Absolut (dikunci kolom dan baris)
Ø Data Tarif Sewa hanya satu dan berada di cell yang satu (C5) maka ketika di copy atau ditarik tidak boleh berubah. Jadi harus di jadikan alamat cell Absolut (dikunci kolom dan baris)
Demikian pembahasan tentang macam-macam alamat cell dan fungsinya dalam rumus excel semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment