MENGENAL PROGRAM APLIKASI PRESENTASI

Salah satu program aplikasi yang sering dipakai dan menjadi kebutuhan sehari-hari adalah program aplikasi pengolah presentasi. program aplikasi ini sering dipakai dalam urusan mempresentasikan suatu pekerjaan untuk disampaikan kepada khalayak umum.Sebagaimana program aplikasi lainnya, aplikasi presentasi juga mempunyai banyak macam dan jenis.
Setelah beberapa artikel yang lalu kita sudah mengenal program aplikasi ms word, dan program aplikasi ms excel. maka penting kiranya untuk mengenal program aplikasi presentasi
Secara umum tampilan dan fasilitas yang ada tidak terlalu berbeda antara program yang satu dengan lainnya. yang membedakan antara program yang satu dengan yang lain hanya sebatas tampilan dan beberapa fasilitas.Dengan bermacam-macamnya aplikasi presentasi yang ada memungkinkan kita untuk menjelajah dalam menggunakan program presentasi lain.
Berikut macam-macam program aplikasi presentasi yang perlu kita ketahui.
1. Microsoft Office PowerPoint.
Program ini tidak asing bagi kita, program aplikasi keluaran Microsoft ini paling banyak digunakan oleh pengguna komputer. Program ini dirancang khusus untuk memudahkan kita membuat presentasi dengan berbagai template dan animasi profesional. Setiap versi program ini mempunyai tampilan dan fasilitas yang berbeda. Versi terbaru program ini adalah PowerPoint 2010.
Microsoft PowerPoint 2010 diluncurkan dengan membawa fasilitas, kemampuan dan interface baru yang lebih maju dibanding dengan versi sebelumnya.
Beberapa hal yang menjadikan media ini menarik untuk digunakan sebagai alat presentasi adalah berbagai kemampuan pengolahan teks, warna, dan gambar, serta animasi-animasi yang bisa diolah sendiri sesuai kreatifitas penggunanya.
Berikut gambar Microsoft PowerPoint 2010
tampilan program presentasi powerpoint
2. OpenOffice Impress
Open Office yang merupakan perangkat bebas (free) - presentasi teknologi  yang bersifat open source dan multi platform. Artinya terbuka untuk dipakai siapa saja (gratis) dan dipakai pada sistem operasi apapun. OpenOffice impress merupakan tool pembuat presentasi yang mirip dengan Microsoft Powerpoint, jadi apabila anda adalah pengguna Powerpoint yang ingin beralih ke OpenSource maka software ini sangat cocok untuk anda. Semua dokumen Microsoft Office kompatibel dengan OpenOffice, sehingga anda dapat membuka dokumen PowerPoint anda di OpenOffice Impress.
Beberapa kelebihan dari program ini antara lain, Free dan OpenSource, Interface menarik dan mudah digunakan, Kompatibel dengan dokumen PowerPoint, Fitur lengkap, Cross Platform, Mirip Microsoft PowerPoint, Support export ke file PDF
tampilan program presentasi OpenOffice Impress
3. Apple Keynote
Program ini keluaran dari perusahaan Apple Inc. Versi keluaran terbaru adalah Keynote 5 di publikasikan tahun 2009.
program presentasi dari apple ini memiliki segudang fitur yang memadai. Interfacenya memukau dan lebih sederhana dibanding program keluaran Microsoft Office. Sangat cocok dengan image khas Apple.
tampilan program presentasi Apple Keynote
Kelebihan dari program ini antara lain
Ø  Tampilannya yang sederhana, memukau dan mudah digunakan
Ø  Animasi yang bermacam-macam, indah dan lengkap
Ø  Dapat diexport ke berbagai type ekstensi penyimpanan
Ø  Bisa mensupport file dari Microsoft Office
Ø  Dapat dengan mudah membuat DVD presentasi
4. KPresenter
KPresenter,,salah satu program untuk membuat presentasi yang mempunyai interface dan tampilan yang indah dan mudah, sehingga dalam pembuatan presentasi menjadi kegiatan yang menyenangkan.
Tampilan program presentasi KPresenter
Ketika anda pertama kali membuka program ini, sebuah window akan ditampilkan, dan kita dapat memilih untuk membuat presentasi sesuai template yang telah tersedia dan bermacam-macam. Selain itu dapat pula memulai dengan dokumen kosong apabila ingin mencoret-coret dalam sebuah kertas kosong. Di jendela window ini pula, Anda dapat membuka dokumen presentasi yang pernah Anda buat sebelumnya. Untuk menghasilkan presentasi yang berkualitas tinggi dalam waktu sekejap, Anda dapat memilih untuk mengikuti template. Pilihlah tab screenpresentations.
Bicara fitur, program yang satu ini jelas menawarkan banyak sekali. Mulai dari integrasinya dengan aplikasi KOffice yang lain sampai berbagai kemudahan yang disertakan. Kerja sama KPresenter dengan aplikasi presentasi lainnya pun dapat diacungi jempol.
Masih banyak lagi jenis program presentasi yang menawarkan fitur dan fasilitas yang indah dan mudah dalam mengoperasikannya. Yang termasuk dari program presentasi lain ialah Adobe Persuasion (Adobe System, 1994), Google Presentation (Google, 2006), Macromedia Director (Adobe System, 2009) dan masih banyak lagi yang lain..........
Sekian sekilas bahasan tentang pengenalan program aplikasi presentasi yang sangat penting. semoga membantu  dan sebagai ganti tutorial mengenal program ini.. 

No comments:

Post a Comment