FUNGSI PENTING PERINTAH CUT, COPY DAN PASTE

Pondok Microsoft Office pada kesempatan ini ingin memberi penjelasan tentang fungsi dari  ikon Cut, Copy dan Paste. Hal ini merupakan perintah dalam sistem operasi atau program aplikasi yang sangat penting dalam proses pengolaan data. Adalah fasilitas atau perintah CUT, COPY dan PASTE yang dibutuhkan dalam proses mengelola atau memenejemen File dan Folder agar file dan folder dalam komputer kita tertata rapi  dan praktis.
CUT
Pada saat mengelola atau memenejemen file dan folder perintah Cut berfungsi untuk memindah file dan folder ke tempat lain, prinsipnya sama dengan menggandakan file dan folder lalu menghapus file  dan folder asal. Pada sistem DOS fungsi ini dikenal dengan perintah MOVE. Jika hanya menenkan Cut, maka belum terlihat perubahannya sebelum di lakukan perintah Paste untuk mengakhiri perintah tersebut. Jadi untuk melihat hasil dari melakukan perintah Cut maka harus dilakukan juga perintah
Paste.
Adapun cara menggunakan perintah Cut dan Paste adalah sbb;
Ø pilih file dan folder yang yang akan dipindahkan,
Ø kemudian klik menu edit  atau Sub menu Home group Clipboard, lalu pilih Cut, atau gunakan klik kanan pada mouse lalu pilih Cut. Selain itu bisa menggunakan tombol Kombinasi yaitu Ctrl + X
Ø Setelah itu tentukan tempat yang dituju untuk menaruh file dan folder yang sudah di Cut tadi.
Ø Klik Edit atau Sub menu Home group Clipboard pilih dan klik Paste. Anda juga bisa menggunakan klik kanan pada mouse kemudian pilih dan klik Paste, bisa juga dengan tombol kombinasi Ctrl + V
Sedang fungsi Cut dalam program aplikasi berguna untuk memotong text atau objek tetapi sumbernya dihilangkan dan disimpan di clipboard.
Cara menggunakannya sama dengan cara di atas.
Lihat gambar-gambar di bawah ini
ikon Cut pada menu file
ikon cut pada klik kanan
COPY
Perintah Copy berfungsi untuk menyalin atau menggandakan file dan folder termasuk juga text atau objek dimana sumbernya masih tetap dipertahankan yakni tidak dihapus.
Perintah ini akan terlihat kalau di akhiri atau diikuti dengan perintah Paste jadi, melakukan perintah-perintah ini berarti nantinya ada dua data yang sama, bahkan lebih tergantung berapa kali anda melakukan perintah Paste.
Satu kali Copy bisa di Paste berkali-kali sesuai dengan kebutuhan berapa banyak data itu di salin.
Adapun cara menggunakan perintah Copy adalah sama dengan perintah Cut.
PASTE
Perintah Paste berfungsi untuk menyalin/menempel text atau objek  yang telah tersimpan didalam clipboard yang dilakukan oleh perintah cut dan copy.
Data yang sudah di Cut atau di Copy akan tersimpan pada Clipboard dan tidak akan muncul kalau tidak dilakukan perintah Paste. Jadi Paste berfungsi menampilkan kembali data yang ada di clipboard hasil dari perintah Cut atau Copy
Perintah ini cara mengoperasikannya cukup dengan meng-klik Paste yang ada pada group Clipboard atau klik kanan pilih dan klik Paste, maka data yang terakhir di Cut atau di Copy akan muncul. Jangan lupa menentukan dulu letak dari objek yang akan di tampilkan.
Melakukan perintah ini membutuhkan sikap teliti agar dalam proses penyalinan data berada tidak pada tempat yang diinginkan.
Demikian pembahasan tentang fasilitas Cut, Copy dan Paste. Semoga bermanfaat,,,sukses selalu……

No comments:

Post a Comment