Mengetahui Fungsi Aplikasi Software Word Processor

Salah satu perangkat penting dalam komputer adalah perangkat lunak, sebuah perangkat yang bisa menghubungkan antara pengguna dengan perangkat keras komputer. namun dalam perangkat lunak sendiri terbagi atas sistem operasi dan program aplikasi. Program aplikasipun bermacam-macam, ada program aplikasi perkantoran, grafis, games, photoshop dan lain-lain.
pada kesempatan kali ini kami ingin sedikit mengulas tentang software aplikasi yang berhubungan dengan pekerjaan perkantoran, dimana program aplikasi yang banyak digunakan adalah program-program pengolah kata.
Yang dimaksud dengan perangkat lunak pengolah kata adalah suatu aplikasi komputer yang digunakan untuk penyusunan, penyuntingan, pemformatan dan pencetakan segala jenis bahan yang dapat di cetak. Software pengolah kata biasanya identik dengan  program untuk aplikasi perkantoran (office) yang dalam lingkup pekerjaannya meliputi teks atau karakter, gambar, tabel. Program ini juga sering digunakan dalam hal tulis menulis seperti surat, buku, majalah, dan lain sebagainya.
Aplikasi pengolah kata memiliki banyak kelebihan, penggunaannya tidak hanya ditujukan untuk melakukan pengetikan saja. Semakin lama teknologi perangkat lunak pengolah kata semakin maju, sehingga dokumen yang dihasilkan menjadi jauh lebih menarik lagi.
Program pengolah kata ini berjumlah banyak, beberapa di antaranya adalah:
1. AbiWord
Program ini mirip dengan Microsoft Word dan bersifat bebas. Pertama kali dikembangkan oleh Abisource.inc sebelum kemudian diintegrasikan kedalam GNOME Office.
AbiWord tersedia dalam banyak bahasa. Fasilitas pengecek ejaan menggunakan kamus yang tersedia dalam lebih dari 30 bahasa. AbiWord mendukung mode pengetikan dari kiri ke kanan, kanan ke kiri, atau campuran, sehingga bahasa-bahasa seperti Hebrew maupun Arab didukung oleh pengolah kata ini.
Lihat gambar tampilan AbiWord berikut
gambar abiword

2. KWord
Ciri dari program ini adalah skema tata letak teks pada KWord mengikuti konsep frame, seperti halnya Adobe PageMaker. Frame dapat diletakkan dimana saja dalam sebuah halaman, dan mencakup teks, grafik, dan objek. Setiap halaman baru pada dasarnya adalah sebuah frame, teks dapat mengalir dalam frame ini karena kemampuan KWord untuk mengaitkan satu frame dengan yang lain.
Lihat tampilan KWord di bawah ini.
Gambar Tampilan Kword
3. OpenOffice
OpenOffice Writer adalah adalah satu komponen dalam OpenOffice.org yang berfungsi untuk mengedit dokumen. Walau dokumen yang bisa digunakan adalah dokumen dengan format .doc, .odt, .rtf dan juga bisa export ke pdf. Kelebihan program ini adalah sangat mudah di gunakan untuk membuat memo cepat, sangat stabil dan mampu untuk membuat dokumen dengan banyak halaman, banyak gambar dan judul heading.
4. Microsoft Word
Adalah program perangkat lunak pengolah kata andalan perusahaan Microsoft. Di terbitkan pertama kali pada tahun 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix, versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983) Apple Macintosh (1984), SCO Unix, OS/2 dan Microsoft Windows (1989). Sampai saat ini Microsoft Word sudah sampai ke versi 2010 (Office 2010).
Berikut adalah tampilan Microsoft Word
Gambar tampilan ms word
5. Wordstar
Merupakan aplikasi pengolah kata yang dipublikasikan oleh microPro International, pertama kali di buat untuk sistem operasi CP/M dan kemudian ditulis ulang untuk Platform DOS, sempat mendominasi pasar pada era 1980-an.
Demikian sekilas tentang pengenalan dan macam-macam dari Perangkat lunak pengolah kata yang ada. Penulis yakin masih banyak beberapa jenis lain lagi, maaf karena kami tidak bisa mencantumkan semua......

No comments:

Post a Comment