Memahami Serta Mengoperasikan Rumus Excel SUM Microsoft Excel 2007

Microsoft Office Excel 2007 merupakan program aplikasi untuk mengolah angka sehingga dalam mengola data berupa angka cenderung lebih gampang dan cepat. untuk hal itulah maka Microsoft Office Excel menyediakan berbagai fasilitas antara lain rumus atau fungsi.
Fungsi yang disediakan oleh Microsoft Excel 2007 sangat beragam jumlah dan kegunaannya. Ada fungsi logika, statistik, referensi, dan lain sebagainya. Salah satu rumus atau fungsi statistik yang disediakan itu adalah SUM.
Secara umum penggunaan fungsi bisa anda operasikan dengan membuka tab Formulas setelah aplikasi excel anda aktifkan.
Berikut adalah gambar Tabs Formula. Di dalam tab ribbon/menu formula ini anda bisa memilih jenis fungsi yang sesuai dengan kebutuhan data yang anda kelola.
gambar menu formula dalam microsoft office excel 2007
Adapun bentuk penulisan rumus/fungsi dalam microsoft office excel hampir semua sama yaitu dengan menambahkan jenis rumus yang dibutuhkan.  Di bawah ini contoh penulisan rumusnya/sintaksnya.
=Fungsi(cell yang di tes)
Pada bagian ini pembahasan terfokus pada penggunaan formula atau rumus excel agregat sederhana yang meliputi,  SUM, AVERAGE, MIN, MAX, COUNT dan RANK.
SUM (Summary)
Rumus SUM dalam microsoft office excel digunakan untuk menjumlah data dari sejumlah cell yang berurutan (dalam suatu range)
Sintaksnya : =Sum(Range)
Range di atas maksudnya adalah kumpulan dari beberapa cell (yang dites/yang akan di hitung)
Atau : =Sum(number 1,number2,…….,)dan seterusnya
Contoh
1 melakukan penjumlahan ke bawah: =Sum(C4:C8), maksudnya cell yang akan di jumlah adalah posisi ke bawah seperti cell C4 sampai C8.
contoh penjumlahan ke bawah msoffice excel
Contoh 2 langkah penjumlahan secara mendatar/ke samping: =Sum(C4:F4), maksudnya cell yang akan dijumlah adalah cell C4 sampai F4
contoh penjumlahan ke samping msoffice excel
Contoh 3 menjumlah semua data yang ada: =Sum(C4:F8), maksudnya cell yang akan di jumlah adalah cell C4 sampai F8.
penjumlahan semua data yang ada
Setelah fungsi rumus dan cell yang dites sudah tertera dan benar kita tinggal tekan enter atau klik di sembarang tempat, maka akan di munculkan hasil dari penghitungan itu.
Lihat gambar di bawah ini,
contoh hasil operasi sum
Penulisan rumus dalam microsoft office excel selain menggunakan tanda titik dua (:) seperti pada contoh contoh di atas bisa menggunakan tanda koma (,) atau titik koma (;)
Contoh: =Sum(C4;D4;E4;F4), artinya cell yang tes adalah C4 dan D4 dan E4 dan F4.
cara memasukkan rumus excel bermacam-macam;
Pertama,  Mengetikkan langsung pada cell atau kolom
Kedua, menggunakan kotak dialog Function Arguments.
Ketiga, menggunakan kotak dialog Insert Function yang ada di Tab Formula (lihat gambar Tabs formula di atas)
Demikian tutorial tentang Memahami Serta Mengoperasikan Rumus Excel SUM Microsoft Excel 2007semoga bermanfaat, silahkan mencoba

2 comments: