Beberapa Cara Menyimpan Dokumen Microsoft Word 2010

Mengoperasikan Program aplikasi (Microsoft Word) kemudian memasukkan data menjadi suatu dokumen adalah pekerjaan yang sering kita lakukan-terutama berhubungan dengan pekerjaan perkantoran. dalam proses pengeloaan dokumen itulah banyak perintah-perintah yang harus dilakukan agar dokumen kita rapi, dan bagus. salah satu dari perintah itu adalah Save (menyimpan dokumen yang kita kerjakan). perintah ini dimaksudkan agar data dan dokumen yang dikerjakan tersimpan dan suatu saat bisa di akses kembali atau di edit sesuai dengan kebutuhan. andai saja dokumen itu tidak kita simpan dengan baik maka kita akan selalu membuat baru, hal ini akan menjadi tidak efesien.
Satu hal yang sangat penting ketika mengelola dokumen adalah menyimpan data atau dokumen itu dengan tepat, sehingga ketika suatu saat kita mau membukanya kembali, kita tidak kesulitan dalam mencarinya.
Supaya terhindar dari hal yang demikian, maka perlu kiranya kita memperhatikan beberapa hal yang berhubungan dengan proses menyimpan data.
Ada beberapa cara dalam menyimpan data/dokumen, baik menggunakan menu office button, ikon save atau tombol kombinasi. semua akan dijabarkan secara singkat di bawah ini.
Pertama, melakukan penyimpanan data secara standar.
Secara default setiap dokumen yang disimpan menggunakan program Microsoft Word mempunyai ekstensi docx. Hal ini berbeda ketika menggunakan Mirosoft Word versi 2003 ke bawah yang masih mengunakan ekstensi doc.
Adapun untuk menyimpan data atau dokumen, langkah-langkahnya sebagai berikut:
Ø  Klik Office Button yang ada di sebelah kiri atas program Ms. Word 2007/2010
Ø  Klik save/save as, muncul dialog Save as sebagai berikut:
tampilan dialog save
Ø Pastikan tempat penyimpanan dokumen (pilih dan klik folder yang akan menjadi tempat menyimpan dokumen tersebut) Ø  Selanjutnya tulis File Name (nama file) Ø  Setelah semua dipastikan, kemudian klik Save Kedua, Menyimpan Dokumen dengan Ikon Save Selain menggunakan menu office buttton dalam proses penyimpanan dokumen, kita juga bisa menggunakan ikon save yang ada di Quick Access. langkah-langkahnya adalah a. Arahkan kursor di sebelah kanan menu Office button, b. Cari ikon Save, kemudian klik c. Selanjutnya akan di tampilkan kotak dialog Save (lihat gambar di atas) d. Tulis nma dokumen pada file name e. klik Save untuk mengakhiri. Ketiga, Menyimpan dokumen dengan tombol keyboard Ada kalanya dalam proses penyimpanan dokumen kita menggunakan tombol kombinasi pada keyboard. tombol apa sajakah yang digunakan untuk menyimpan. berikut langkahnya. a. Tekan tombol Ctrl (Control) lanjutkan dengan menekan tombol S. b. selanjutnya akan ditampilkan kotak dialog save (sebagaimana gambar di atas) c. lakukan proses penyimpanan seperti langkah-langkah di atas. langkah ini bisa anda lihat pada penggunaan tombol kombinasi keyboard. Keempat, menyimpan dengan format lain. Selain menggunakan format standar, yaitu docx. Kita juga bisa menyimpan dengan menggunakan format lain. Banyak sekali pilihan format penyimpanan yang disediakan. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut. Ø  Langkah awal seperti proses penyimpanan standar. Ø  Setelah tempat penyimpanan dan nama file di atur, selanjutnya klik Save as Type. Lihat gambar berikut:
tampilan save as type
Ø  Selanjutnya silahkan dipilih jenis penyimpanan yang diinginkan
Ø  Setelah diatur semua, kemudian klik Save. Dokumen anda tersimpan dengan type penyimpanan yang sudah dipilih.
Itulah 4 metode penyimpanan dokumen yang di sarankan program ms word, semoga cara itu mempermudah pengguna dalam mengoperasikan program aplikasi Ms Word. Sekian...mohon maaf dan treimakasih......................................

No comments:

Post a Comment