Cara Mengatur Indentasi Paragraf Dalam Ms. Office Word

Kita sering mengalami kebingungan ketika harus melakukan pengaturan paragrap terhadap dokumen kita, terutama masalah indentasi . Walaupun sebenarnya tidak hanya masalah indentasi saja hal-hal yang ada di paragraf misalnya pengaturan spasi, alignment dan lainnya.
Namun agar tulisan kali ini lebih fokus maka kami berusaha memberikan sedikit metode atau langkah-langkah dalam pengaturan bagian-bagian pragraf terutama tentang indentasi.
Sebelum pembahasan pada langkah atau cara, terlebih dahulu kita pahami apa indentasi itu.
Indentation/indentasi adalah salah satu fasilitas yang digunakan untuk mengatur tata letak sebuah paragraph. Pengaturan indentasi pada paragraph meliputi
Ø  Left digunakan untuk menentukan jarak indentasi dan margin kiri
Ø  Right digunakan untuk menentukan jarak indentasi  dan margin sebelah kanan.
Selain dua fasilitas di atas ada juga bentuk indentasi lain, yaitu
Ø  First Line, menentukan jarak antara penulisan teks awal (baris pertama) dengan batas margin sebelah kiri. Ini dilakukan dengan cara menggeser first line ke kanan.
Contoh penggunaan
               Microsoft Word adalah program  pengolah kata atau disebut MS Word (Word Processing). Program ini digunakan untuk melakukan pengetikan, pengeditan, pemformatan, pencarian dan pencetakan tulisan yang kita ketik.
Ø  Hanging Indent, menentukan jarak antara penulisan paragraf dengan batas margin kiri (ini dilakukan mengeser baris kedua dan seterusnya dalam paragraf ke kanan)
Contoh Penggunaan
Microsoft Word adalah program  pengolah kata atau disebut MS Word (Word Processing).                          Program ini digunakan untuk melakukan pengetikan, pengeditan, pemformatan,                              pencarian dan pencetakan tulisan yang kita ketik.

Pengaturan indentasi sebagaimana di atas bisa dilakukan dengan langsung menggunakan ruler. Atau dengan menggunakan dialog paragraph sebagaimana gambar berikut:
kotak dialog indentasi
tombol tab yang ada pada keyboard. Setiap kali pengguna Microsoft Word menenkan tombol tab, kursor akan melompat sesuai dengan pengaturan awalnya. Lompatan tabulasi ini ini bisa kita atur sesuai dengan kebutuhan.
Ada satu hal yang sangat penting sebelum kita melakukan pengaturan indentasi,,yaitu  munculkan dahulu Ruler yang betuknya seperti penggaris dengan meng-klik View ruler yang ada di sebelah kanan atas scrool bar bagian kanan (vertikal)
Lihat gambar berikut
ikon ruler
Atau dengan menggunakan menu view, pada group show/hide beri tanda checklist pada ikon ruler. Berikut gambarnya
ikon ruler ada menu view
Setelah muncul ruler pada lembar kerja microsoft word selanjutnya kita bisa melakukan pengaturan indentasi.
Berikut adalah bagian indentasi  pada ruler
First Line Indent
gambar first indent
                                           
Hanging Indent
gambar hanging indent
Left Indent
gambar left indent
Right Indent
gambar right indent
Demikian pembahasan tentang indentasi dalam pengaturan paragrap, semoga bermanfaat.....

No comments:

Post a Comment