MEMAHAMI SOFTWARE APLIKASI BASIS DATA

Artikel ini adalah lanjutan dari pemahaman kita terhadap program-program aplikasi yang dikeluarkan Microsoft, kita sudah mengenal Program Aplikasi pengolah kata,  program aplikasi pengolah lembar sebar, program aplikasi presentasi.
Maka kali ini penulis ingin menambah pengetahuan kita tentang program aplikasi yang lain, yaiitu program Basis Data.
Berikut ulasan singkat mengenai program aplikasi basis data
Definisi
Software Basis Data atau yang dikenal juga dengan Data Base merupakan program aplikasi yang berhubungan dengan sekumpulan beberapa data, antara data satu dengan lainnya saling terkait dan terhubungan, sehingga mampu melakukan manipulasi data untuk kegunaan tertentu. Definisi lain dari basis data adalah kumpulan informasi yang tersimpan dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut.
Ada juga yang mendefinisikan Basis Data adalah Himpunan kelompok data (arsip) yang saling berhubungan yang diorganisasi sedemikian rupa agar kelak dapat dimanfaatkan kembali dengan cepat dan mudah atau kumpulan data yang saling berhubungan yang disimpan secara bersama sedemikian rupa dan tanpa pengulangan (redundansi) yang tidak perlu, untuk memenuhi berbagai kebutuhan atau kumpulan file/tabel/arsip yang saling berhubungan yang disimpan dalam media penyimpanan elektronik.
Fungsi dan Tujuan Basis Data
Sebagaimana software aplikasi lainnya, software basis data juga mempunyai beberapa fungsi yang spesifik, antara lain:
Ø  Merupakan salah satu komponen penting dalam sistem informasi, karena merupakan dasar dalam menyediakan informasi.
Ø  Menentukan kualitas informasi yang akurat, tepat pada waktunya dan relevan.
Ø  Mengurangi duplikasi data (data redudancy)
Ø  Dengan mengaplikasikan basis data, hubungan data dapaat ditingkatkan.
Ø  Mampu mengurangi pemborosan tempat/ruang simpanan luar.
Adapun tujuan dari program basis data meliputi:
Ø  Mengurangi Redundansi
Ø  Menghindari Ketidakkonsistenan
Ø  Data dapat dibagikan
Ø  Standar-standar dapat diselenggarakan
Ø  Menerapkan Pembatasan keamanan terhadap data
Ø  Mempertahankan Integritas
Ø  Keperluan yang bertentangan dapat diseimbangkan / data mandiri
Jenis Basis Data
1. Basis Data Individual
Basis data yang digunakan oleh perseorangan. Basis data seperti ini biasanya dijumpai pada PC, dimaksudkan untuk mengelolah basis data untuk kepentingan pribadi.
2. Basis Data Perusahaan
Basis data yang bisa diakses oleh pegawai dalam suatu perusahaan dalam sebuah lokasi.
3. Basis Data Terdistribusi
Basis data yang tersimpan dalam  sejumlah komputer dan terletak di beberapa daerah/lokasi. Model seperti ini biasanya di gunakan oleh Bank yang memiliki sejumlah cabang di pelbagai kota dan melayani secara online.
4. Basis Data Publik
Basis Data yang bisa di akses oleh siapa saja, bersifat umum/publik.
Bahasa Basis Data
Bahasa yang digunakan alam bais data adalah
Ø  Data Definition Language (DDL)
Yaitu kumpulan perintah yang dapat digunakan untuk mendefinisikan objek-objek basis data, seperti membuat sebuah tabel basis data atau indeks primer atau sekunder.
Ø  Data Manipulation Language (DML)
Yaitu kumpulan perintah yang dapat digunakan untuk melakukan manipullasi data, seperti penyimpanan data ke suatu tabel, kemudian mengubahnya ddan menghapusnya atau hanya sekadar menampilkannya kembali.
Elemen Basis Data
1. Entitas
Sekumpulan obyek yang terdefinisikan yang mempunyai karakteristik sam dan bisa dibedakan dengan lainnya. Obyek bisa berupa barang, orang, tempat atau suatu kejadian.
2. Atribut
Adalah deskripsi data yang bisa mengidentifikasi entitas yang membedakan entitas tersebut dengan entitas yang lain. Seluruh artibut harus cukup untuk menyatakan identitas objek atau dengan kata lain kumpulan atribut dari setiap entitas dapat mengidentifikasi keunikan suatu individu. Sedangkan atribut adalah bagian dari entitas, contoh siswa mempunyai atribut: No Induk siswa, alamat siswa, dll.
3. Data Value/Data Nilai
Adalah data aktual atau informasi yang disimpan pada tiap data, elemen, atau atribut. Atribut nama pegawai menunjukkan tempat dimana informasi nama karyawan disimpan.
4. Field/Kolom
Yaitu kumpulan record sejenis yang mempunyai panjang elemen yang sama, atribut yang sama namun berbeda nilai datanya.
5. Record/Tuple
Ialah kumpulan elemen-elemen yang saling berkaitan menginformasikan tentang suatu entitas secara lengkap. Satu record mewakili satu data atau informasi.
Demikian sekilas tentang software basis data yang dapay saya sampaikan, kurang lebihnya kmhn maaf, semoga postingan ini bermanfaat,,,,,,,,,,,,,mhn saran dan kritiknya demi sempurnanya tulisan ini.

No comments:

Post a Comment