CARA MENGATUR FORMAT TEKS (FONT) DALAM MICROSOFT WORD

Hal yang sangat penting dalam proses mengelola dokumen adalah bagaimana kita bisa mengatur teks atau memformat font, hal ini dimaksudkan agar dokumen yang kita kelola menjadi sangat menarik, rapi, dan bagus dilihat.
Teks yang sudah kita masukkan dalam lembar kerja microsoft word dapat diatur  jenis dan formatnya sesuai dengan kebutuhan, baik menyangkut jenisnya, ukurannya, warna, efek dan lain sebagainya.
Dalam postingan ini saya akan sedikit memberikan uraian mengenai pengaturan teks termasuk bagaimana langkah-lengah pengaturannya.
Mengatur/mengganti  Jenis Teks.
Ada banyak jenis teks yang disediakan dalam program microsoft word—bahkan kita bisa menambah sendiri—sehingga kita bisa leluasa memilih jenis teks/font yang kita butuhkan.
Berikut adalah cara-cara dalam mengganti jenis teks.
a. Menggunakan ikon
Cara ini sangat gampang, Pertama,seleksi/blok dulu dokumen yang akan diganti teksnya, kedua, klik Sub Menu Home, Ketiga, Pada group Font klik dan pilih jenis huruf/teks yang diinginkan. Pada teks yang anda inginkan maka klik teks tersebut, dokumen yang anda blok secara otomatis berubah sesuai dengan jenis teks yang anda pilih.
berikut gambar jenis font dalam ikon
Tampilan jenis huruf
b. Menggunakan Dialog Font
Dengan menggunakan dialog, tentunya kita harus membuka dialog tersebut, langkah-langkahnya sebagai berikut:
Ø  Seleksi/Blok dokumen yang akan diganti jenis hurufnya
Ø  Klik sub menu Home, kemudian klik tanda panah kecil di sebelah pojok kanan group Font, maka dimunculkan dialog font sebagai berikut:
tampilan kotak dialog font
Ø  Pada sub tab font pilih dan klik jenis teks/font yang anda inginkan.
Ø  Setelah dipilih selanjutnya klik OK atau tekan Enter pada keyboard.
c. Menggunakan tombol Kombinasi
Cara ini dilakukan dengan menekan dua atau lebih tombol dalam keyboard secara bersamaan. Untuk mengubah jenis huruf setelah di blok tekan tombol Shift + Ctrl + F, maka akan dimunculkan dialog Font, selanjutnya lakukan pemilihan jenis huruf yang diinginkan dan akhiri dengan menekan tombol OK atau Enter.
Selain dari beberapa fasilitas yang sudah ditampilkan dalam Group Font, masih ada fasilitas lain yang bisa anda akses melalui dialog font misalnya, Underline style dan underline color, juga terdapat efek font dengan berbagai macam efek yang disediakan. Sekian dulu lain kali kita sambung lagi,
bersambung..........................

No comments:

Post a Comment