Macam-Macam Topologi Jaringan Dalam Komputer

Pondok Microsoft Office pernah membahas tentang  jenis jaringan berdasarkan geografisnya, maka kali ini mari kita lanjutkan pengetahuan kita dengan memahami macam-macam Topologi Jaringan Komputer, sehingga dengan pengetahuan ini membuat kita lebih selektif dalam membuat jaringan komputer yang sedang kita tangani.
Topologi Jaringan Komputer sebagaimana yang sering kita ketahui ada 3 macam, antara lain yaitu, Topologi BUS, Topologi Token Ring dan Topologi Star. Apa dan bagaimana keterangan dari masing-masing topologi tersebut, mari kita simak keterangan berikut ini:

Topologi BUS
Macam dari Topologi Bus adalah topologi yang menggunakan kabel tunggal dalam menghubungkan antara workstation dengan server
Lihat gambar berikut:  
Penggunaan topologi jenis Bus ini mempunyai keuntungan dari kelemahan antara lain
Keuntungan
Hemat kabel, Pengaturan/layout kabel sederhana, dan penambahan atau pengembangan jaringan baru dapat dilakukan dengan mudah tanpa mengganggu workstation lainnya.
Kelemahan
Deteksi dan isolasi kesalahan sangat kecil, terjadi kepadatan lalu lintas arus pada jalur utama, jika terjadi gangguan di sepanjang kabel pusat maka keseluruhan jaringan akan mengalami gangguan pula, dan diperlukan repeater jika jaringan jarak jauh.
Topologi Token Ring
Topologi jenis ini berbentuk suatu pola lingkaran atau cincin, dimana antara workstation dan server saling terhubung, artinya tiap workstation dan server akan menerima dan melewatkan informasi dari satu komputer ke computer yang lain, jika alamat yang dimaksud sesuai maka informasi itu diterima namun jika alamat itu tidak sesuai maka informasi itu dilewatkan.
Lihat gambar topologi Token Ring berikut
Adapun keuntungan dan kerugian menggunakan jenis topologi ini adalah
Keuntungan
Tidak akan terjadi collision atau tabrakan dalam pengiriman data sebagaimana yang terjadi pada topologi Bus, topologi ini hanya satu node dapat mengirimkan data pada suatu saat
Kerugian
Setiap node dalam jaringan ini akan selalu ikut serta mengelola informasi yang dilewatkan dalam jaringan, sehingga bila terjadi gangguan di suatu node maka seluruh jaringan akan terganggu
Topologi Star
Yaitu jenis topologi di mana masing-masing workstation dihubungkan secara langsung ke server atau HUB, dengan begitu tiap workstation terdapat kabel sendiri-sendiri.
Dengan adanya kabel  tersendiri di setiap workstation ke server maka bandwidth atau lebar jalur komunikasi dalam kabel akan semakin lebar sehingga dapat meningkatkan unjuk kerja jaringan tersebut secara keseluruhan.
Gambar topologi Star
Keuntungan dan kerugian menggunakan topologi ini adalah;
Keuntungan
Fleksibel, pemasangan atau perubahan stasiun sangat mudah dan tidak mengganggu bagian jaringan lain, control terpusat pada satu server serta kemudahan dalam deteksi dan isolasi kesalahan atau kerusakan pengelolaan jaringan
Kerugian
Membutuhkan banyak kabel (boros kabel), perlu penanganan khusus, kontrol terpusat HUB) jadi elemen kritis
Macam-Macam Topologi Jaringan Dalam Komputer yang sudah dibahas diatas tentunya banyak kekurangan, oleh karena itu mhn saran dan masukannya demi perkembangan ilmu pengetahuan
Demikian pengetahuan tentang jenis jaringan dilihat dari topologi jaringan komputer, sesuaikan dengan kebutuhan anda. Terimakasih sampai jumpa.

No comments:

Post a Comment