Memahami Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Jangkauan/Geografis

Jaringan komputer adalah  sekumpulan komputer dan perangkat-perangkat lain sebagai pendukung komputer yang saling  terhubung atau terkait dalam suatu kesatuan, melalui media kabel-kabel atau tanpa kabel sehingga pengguna jaringan dapat saling melakukan pertukaran informasi, baik berupa dokumen, data atau bahkan melakukan pencetakan pada printer yang sama dan bersama-sama memakai perangkat keras dan perangkat lunak yang terhubung dengan jaringan itu.
Itulah dasar pemahaman kita tentang apa itu jaringan. dan yang terus mengalami perkembangan hingga saat ini. Perkembangan-perkembangan itu berkaitan dengan banyak hal, baik berdasarkan jangkauan jaringan, topologi jaringan, tipe jaringan, dan lain sebagainya. Sebagaimana yang sudah kita ketahui jaringan komputer meliputi; LAN, MAN, WAN, dan Internet. Namun seiring dengan perkembangan kebutuhan manusia jaringan itu bisa bertambah.
Berikut jenis jaringan berdasarkan jangkauan atau letak geografisnya.
1. PAN (Personal Area Network)
Merupakan jaringan antara dua atau lebih sistem komputer yang berjarak tidak terlalu jauh. Biasanya Jenis jaringan ini hanya berjarak 1 sampai 5 meter saja. Jenis jaringan ini sangat sering kita gunakan. misalnya pada saat kita menghubungkan komputer dengan HP, Heandset ataupun perangkat sejenis lainnya.
tipe jaringan PAN
2. LAN (Local Area Network)
Merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuag gedung atau kantor yang berukuran sampai beberapa kilometer. Jaringan ini digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dengan workstation dalam kantor suatu perusahaan atau lembaga-lembaga untuk memakai sumber daya tertentu secara bersama-sama dan dapat saling bertukar informasi.
Jenis jaringan LAN
3. MAN (Metropolitan Area Network)
Sesuai dengan namanya maka jenis jaringan ini memberikan layanan hingga wilayah yang luas dan kemampuan transfer datapun berkecepatan sangat tinggi. Wilayah yang dapat menjadi cakupannya berkisar hingga 50 KM. MAN ini merupakan rangkaian LAN yang berukuran dan berjarak lebih besar. MAN mampu menunjang daya dan suara, bahkan dapat berhubungan dengan jaringan Televisi Kabel. biasanya MAN digunakan dalam area 1 kota, bukan hanya satu lokasi saja.
model jaringan MAN
4. WAN (Wide Area Network)
Jenis jaringan ini memberikan layanan lebih luas lagi dibanding MAN yaitu dapat menghubungkan suatu wilayah bahkan negara lain. WAN pada dasarnya merupakan kumpulan beberapa LAN yang ada di beberapa lokasi sehingga dibutuhkan sebuah device untuk menghubungkannya dan device itu kita sebut router. WAN terdiri dari kumpulan mesin- mesin yang bertujuan utuk menjalankan Program-program (Aplikasi) pemakai.
pola jaringan WAN
5. Internet
kependekan dari interconnection-networking) adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.
Struktur jaringan internet
Demikian pembahasan tentang jenis jaringan komputer di lihat dari jangkauan atau geografisnya, semoga bermanfaat.

Diambil dari berbagai sumber yang terkait.

No comments:

Post a Comment