Memahami Perintah Dasar Program Microsoft Word 2007

Ada banyak perintah-perintah yang harus diketahui terlebih dahulu sebelum mengoperasikan program Microsoft Word, salah satu yang menurut kami penting untuk dipahami adalah memahami perintah-perintah dasar apa saja yang termasuk dalam operasi dasar atau hal-hal yang mendasar dalam menjalankan program ini.
Operasi dasar yang kami maksud di antaranya adalah, New, Open, Save, Print, Close dan Exit.
perintah-perintah tersebut sangat bermanfaat dalam membantu mengelola data atau dokumen yang dibuat pada program ms word,
pada postingan ini akan di bahas satu persatu dari operasi dasar tersebut
1. New
Fasilitas New di dalam Ms Word berfungsi untuk membuka atau membuat dokumen baru. kita bisa membuka dokumen baru/kosong tanpa harus menutup terlebih dahulu aplikasi dokumen yang sedang kita kerjakan. Jadi kita bisa membuka dan mengoperasikan lebih dari satu dokumen.
adapun langkah-langkah pengaturannya adalah sebagai berikut:
a. klik menu Office Button pada sebelah pojok kiri atas
b. pilih dan klik New
c. pada dialog New Document double klik pada Blank Document atau klik Create
lihat gambar berikut
Kotak Dialog New
2. Open
Fasilitas dalam Ms Word yang berguna untuk membuka atau menampilkan kembali data/dokumen yang sudah pernah kita simpan sebelumnya. dengan fasilitas ini kita bisa membuka atau memanggil dokumen yang akan kita kelola dan kita edit kembali.
langkah-langkah mengoperasikannya adalah
a. klik menu Office Button pada sebelah pojok kiri atas
b. Pilih dan Klik sub menu Open
c. Selanjutnya akan ditampilkan kotak dialog Open
d. Cari file atau dokumen yang diinginkan
e. Kemudian klik ganda atau klik perintah Open.
Lihat gambar berikut:
Kotak Dialog Open
3. Save
Fasilitas ini sangat penting karena berguna untuk menyimpan data atau dokumen yang sudah kita buat. Dengan melakukan save atau penyimpanan maka dokumen akan tersimpan dalam komputer atau harddisk dan kita bisa membuka dan memanggilnya kembali jika diperlukan.
Adapun langkah-langkahnya adalah
a. klik menu Office Button pada sebelah pojok kiri atas
b. Pilih dan klik sub menu Save
c. Pada tampilan dialog save tentukan
  Tempat penyimpanan dokumen
  Tulis Nama File/dokumen
  Pilih type penyimpanan pada save as type
d. Setelah ditentukan semua maka klik Save/enter
Lihat gambar berikut
Kotak Dialog Save
4. Print
Yaitu fasilitas yang berguna untuk mencetak dokumen yang sudah kita kerjakan atau kelola. Perintah dari fasilitas ini merupakan bagian akhir dalam bekerja menggunakan Microsoft Office Word. Melalui mesin printer, dokumen akan tercetak mulai halaman awal sampai halaman akhir.
Untuk mencetak dokumen menggunakan Microsoft Office Word 2007, langkah-langkahnya sebagai berikut.
a. Klik Office Button yang berada di sebelah kiri atas
b. Pilih dan klik Print
c. Selanjutnya akan tampil kotak dialog Print,
sebagai mana gambar berikut:
Kotak Dialog Print
d. Atur beberapa perintah yang di butuhkan
e. Kemuian klik Print atau OK.
5. Close
Adalah fasilitas dalam Ms. Word yang digunakan untuk menutup dokumen yang sedang kita kelola. Menggunakan fasilitas Close hanya ketika kita ingin menutup dokumennya saja dan kemudian kita ingin membuka kembali dokumen baru atau memanggil dokumen lama.
6. Exit
Fasilitas ini dimaksudkan untuk menutup atau keluar dari program aplikasi Microsoft Office Word yang sedang kita kelola. Dengan menutup exit maka baik dokumen maupun program semuanya akan tertutup.
Jadi yang perlu kita pahami antara Close dan Exit adalah jika kita meng-klik Close maka yang keluar hanya dokumennya saja sedang programnya masih aktif, tetapi jika kita meng-klik Exit maka dokumen sekaligus program yang digunakan sama-sama ikut tertutup.
Demikian pembahasan singkat tentang memahami operasi dasar menggunakan Microsoft Office Word sebelum melakukan perintah-perintah lain dalam program tersebut. Semoga bermanfaat...Untuk lebih rinci silahkan baca di postingan yang lain dan lebih rinci. Trims gan.

No comments:

Post a Comment