MEMAHAMI PERINTAH CONDITIONAL FORMATTING DALAM MENGATUR DATA EXCEL

Cnditional Formatting merupakan fasilitas yang disediakan excel untuk mengelola data sesuai dengan kriteria tertentu, artinya fasilita ini akan memberikan tanda pada data sesuai dengan kriteria yang kita butuhkan Misalnya kita ingin memberikan warna merah pada salah satu data yang sedang kita kelola, dan itu akan terjadi secara otomatis.
Kita mengelola data angka, kemudian kita tentukan kalo angka di atas 150 akan berwarna merah. Maka secara otomatis angka-angka yang kita masukkan ketika diatas 150 akan langsung berwarna merah.
Untuk melakukan pengaturan tersebut diatas, kali ini Pondok Microsoft Office ingin berbagi pengetahuan tentang bagaimana cara memformat data dengan kriteria yang ditentukan.
Berikut langkah-langkahnya:
1. Buka data tertentu yang akan di format,  atau
lihat contoh data di bawah ini.
contoh data
Keterangan. Dari data di atas kita tentukan, Nilai Lomba dengan Jumlah di atas/lebih besar dari 150 maka akan berwarna Merah
2.Select/Blok range data yang akan diatur (kategori Jumlah (sel E5:E9)
3.Selanjutnya Klik Menu Home
4.Pada group Styles, klik Conditional Formatting.
5.Pilih dan klik bagian paling atas yaitu Highlight Cells Rules
6.Setelah itu pilih dan klik Greater Than......
Lihat gambar berikut
ikon conditional formating
7.Selanjutnya akan ditampilkan kotak dialoq Greater Than, sebagai berikut
jneis greater than
8.Masukkan atau tulis kriteria atau patokan angka yang diinginkan, misal 150 pada Format cells that are GREATER THAN....(Lihat Contoh gambar diatas)
9.Kemudian tentukan warna yang diinginkan pada kolom with, misalnya Light Red Fill with Dark Red Text (Lihat Contoh Gambar di atas)
10.Setelah semua diatur selanjutnya klik OK.
Lihat hasil pengaturan sebagai berikut:
hasil operasi formating

Keterangan: Angka yang berwarna Merah (dalam kotak) adalah hasil pengaturan, dimana ketentuan yang dimasukkan bahwa angka di atas 150 di beri tanda dengan warna merah. Maka ketika semua angka yang keluar lebih dari 150/di atas 150 secara otomatis akan berwarna Merah.
Demikian cara dan langkah untuk mengatur/memformat data dengan kriteria tertentu yang diinginkan. Semoga tulisan singkat ini bermanfaat,,,selamat mencoba.......terimakasih, sampai jumpa lagi.

No comments:

Post a Comment