Cara Menampilkan Ruler (Penggaris) pada Dokumen Microsoft Office Word 2007

Pondok Microsoft Office pada postingan yang lalu telah membahas tentang bagian-bagian  pada jendela Microsoft Office Word, dimana salah satu bagian yang penting untuk kita ketahui adalah Ruler atau Penggaris.
Maka, sebagai pengganti kursus kali ini kita akan ngebahas tentang apa ruler itu dan bagaimana cara menampilkan jika pada tampilan jendela Microsoft Office Word tidak ada....
Ruler/Penggaris merupakan bagian yang berfungsi untuk mengetahui ukuran, baik ukuran margin yang sudah kita atur, atau ukuran kertas yang sudah kita pilih. Pada ruler itulah kita bisa melihat ukuran angka yang sudah tertera, termasuk centimeters.
Pada jendela Microsoft Office Word, Ruler di bagi menjadi dua, ruler vertikal/tegak (yang berada di sebelah kiri jendela) dan Ruler horizontal/mendatar yang berada di sebelah atas jendela)
Berikut adalah gambar Ruler Vertikal dan Horizontal.
tampilan ruler pada jendela ms Word
Selanjutnya, bagaimana cara menyembunyikan dan cara menampilkan jika tidak ada.
Berikut adalah menampilkan Ruler
Ø  Buka dokumen Microsoft Office Word
Ø  Klik tab menu View
Ø  Pada kelompok show/hide, klik ikon Ruler atau beri tanda centang pada ikon Ruler.
Lihat gambar berikut
menampilkan ruler dengan ikon
Selain menggunakan ikon Ruler, cara yang lebih praktis menampilkan fasilitas Ruler adalah dengan meng-klik View Ruler yang ada di bagian atas scrool vertikal.
Gambar view ruler adalah sebagai berikut;
menampilkan ruler dengan view ruler jendela ms word
Silahkan memilih dua type pengaturan cara menampilkan fasilitas Ruler di atas, sebaliknya untuk menghilangkan kiat tinggal menghilangkan tanda centang pada ikon ruler dan atau meng-klik view ruler.
Demikian sebagai ganti materi kursus untuk pengaturan fasilitas pada Microsoft Office Word, semoga bermanfaat......

2 comments: