Rumus Excel dalam Pondok Microsoft Office kali ini ingin membahas tentang kegunaan dari fungsi Average yang dioperasikan untuk menghitung rata-rata penjualan komputer dalam sebuah toko.
Sering kita mencari rata-rata suatu nilai tertentu dalam sebuah data, dan sering pula kita merasa kebingungan. Microsoft Office dengan program aplikasinya yaitu Excel memberikan solusi untuk itu.
Bagaimana pengoperasianya.
Mari kita hitung rata-rata sebagaimana contoh kasus di atas.
1.Buat data tabel terlebih dahulu sesuai dengan kategori yang dibutuhkan
Contoh data:
2. Dari data di atas, yang harus dilakukan adalah:
Pertama adalah mencari rata-rata perbulan yaitu bulan Januari-Maret.
Kedua, setelah itu mencari rata-rata penjualan selama 3 bulan di ambil dari rata-rata per bulan.
Bagaimana rumusnya?.....
Rumus untuk mencari rata-rata perbulan adalah
Bulan Januari =Average(C7:F7) enter
Bulan Pebruari =Average(H7:K7) enter
Bulan Maret =Average(M7:P7) enter
Rumus mencari rata-rata penjualan selama 3 Bulan, adalah
=Average(G7,L7,Q7) enter
Lihat hasil penghitungan data di atas dengan rumus Average:
Demikian langkah-langkah mencari rata-rata penjualan dalam sebuah toko Laptop, semoga bermanfaat dan bisa diterapkan pada usaha anda masing-masing. Terimakasih semoga berhasil.
No comments:
Post a Comment