Memahami Dan Mengoperasikan Alamat Cell Pada Microsoft Excel 2007

Materi ini sangat penting untuk diketahui karena merupakan satu hal yang berhubungan dengan proses mengelola data dalam excel terutama proses melakukan perhitungan dengan menggunakan rumus excel. fasilitas itu adalah  Alamat Cell. Bagaimana cara mengoperasikan alamat cell tersebut? berikut pembahasannya.
Pondok Microsoft Office dalam kesempatan ini akan menyajikan bahasan tentang perlunya memahami dan mengetahui alamat cell,,, Jika kita mengelola sebuah data yang di dalamnya perlu penulisan rumus atau formula maka kita perlu mengetahui cell-cell mana yang akan kita hitung, selain itu jenis alamat cell apa yang cocok untuk dimasukkan dalam rumus sehingga hasil yang kita harapkan sesuai dengan proses penghitungan yang kita lakukan.
Berikut adalah Alamat Cell yang ada pada program aplikasi Microsoft Office Excel.
1. Alamat Cell Relatif. 
    Yaitu alamat cell yang jika disalin ke cell lain, maka rumus atau data yang ada di dalamnya akan menyesuaikan perpindahan kolom dan baris.
    Bentuk penulisan alamat cell relatif : A1
2. Alamat Cell Absolut.
    Artinya alamat cell pasti (cell yang sudah terkunci) dalam suatu cell tertentu sehingga jika menyalin suatu rumus yang menggunakan data dalam cell tersebut akan tetap (dari cell tersebut atau tidak terpengaruh oleh perpindahan kolom dan baris).
Bentuk penulisan alamat cell absolut : $B$1
3. Alamat Cell Semi Absolut
Alamat cell semi absolut di bagi menjadi 2 yaitu, semi absolut kolom dan semi absolut baris.
a. Alamat Cell Semi Absolut Kolom yaitu suatu rumus yang apabila disalin ke kolom lain, maka tidak akan dipengaruhi oleh perubahan kolom itu tetapi jika disalin ke baris lain rumus itu akan mengikuti perubahan baris.
Bentuk penulisan Alamat Cell Semi Absolut Kolom : $B1
b. Alamat Cell Semi Absolut Baris, rumus dengan menggunakan alamat ini apabila disalin ke baris lain maka tidak akan dipengaruhi perubahan baris itu, tetapi apabila disalin ke kolom yang lain, maka rumus tersebut akan mengikuti perubahan kolom.
Bentuk penulisan Alamat Cell Semi Absolut Baris : B$1
Untuk lebih jelas lihat contoh penggunaan di bawah ini:
contoh data alamat cell
Keterangan Untuk menghitung data di atas ketentuannya sebagai berikut
=Jumlah Beli x Harga satuan x Besar potongan
Maka, Bentuk rumus pada data di atas adalah
D9=$B9*C$8*$C$4
Lihat hasilnya di bawah ini.
hasil penghitungan dengan alamat cell
Keterangan Rumus;
 Data Jumlah beli berada di kolom B baris ke 9 sampai 13, kalo di copy atau ditarik ke bawah data   harus berubah tetapi kalo di copy ke kanan data tidak boleh berubah. So alamat itu dijadikan Semi Absolut Kolom (kolomnya saja yang dikunci)>>$B9
 Harga satuan berada pada cell C8 sampai G8, maka ketika hasil rumus di copy atau ditarik ke samping maka data harus berubah sedang kalo ke bawah data tetap, jadi alamat cell yang pas adalah Semi Absolut Baris (Barisnya saja yang dikunci)>>C$8
 Data besar potongan (10%) hanya satu dan berada di cell yang satu (C4) maka ketika di copy atau ditarik tidak boleh berubah. Jadi harus di jadikan alamat cell Absolut (dikunci kolom dan baris)>>$C$4
Demikian sedikit pengetahuan tentang bagaimana memahamidan mengoperasikan  alamat cell pada program microsoft excel beserta penggunaan alamat cell dalam proses penghitungan, semoga menjadi alternatif dalam mengembangkan program ini selain dengan kursus. Semoga manfaat....silahkan anda coba yaa

No comments:

Post a Comment