Rumus atau formula dalam Microsoft Office Excel sangat beragam nama dan fungsinya. Pada postingan yang lalu pondok microsoft office menjabarkan sekaligus memberi contoh penggunaan terhadap beberapa fungsi atau rumus berikut kegunaannya. Diantaranya penggunaan rumus Sum, Average,Max, dan lainnya. adapaun artikel kali ini adalah mencari nilai terkecil dari keseluruhan data yang ada. Kalau cara yang kita pakai manual, butuh waktu berapa menit/jam untuk mencarinya. Maka dalam hal ini excel menyediakan rumus untuk mencarinya sehingga hanya butuh waktu beberapa menit atau detik data yang kita butuhkan sudah ketemu secara otomatis.
Fungsi atau rumus yang di gunakan dalam kasus di atas adalah MIN, yaitu fungsi yang berguna untuk mencari nilai terkecil dari suatu range data tertentu. Adapun sintaks rumus tersebut adalah:
Ø =Min(range) untuk mencari nilai terkecil dari suatu range data secara keseluruhan.
Ø =Min(A1:A10) untuk mencari nilai terkecil dari suatu range data secara menurun.
Ø =Min(A1:M1) untuk mencari nilai terkecil dari suatu range data secara mendatar.
Selanjutnya bagaimana mengoperasikannya.
Lihat contoh data di bawah ini:
Keterangan
Ø Untuk mencari Nilai terendah selama 4 minggu adalah
G5=Min(C5:F5) enter
Rumus di atas berarti menggunakan penghitungan secara mendatar
Ø Untuk mencari Nilai terendah per 1 Minggu adalah
C15=Min(C5:C14) enter
Rumus diatas berarti menggunakan penghitungan secara menurun
Ø Untuk mencari Nilai terendah seluruh data yang ada yaitu
H5=Min(C5:F14) enter
Rumus diatas berarti menggunakan penghitungan secara keseluruhan
Lihat hasil penghitungan rumus-rumus diatas sebagai berikut:
Demikian contoh penggunaan rumus MIN, barangkali bisa dijadikan pilihan tutorial pengganti kursus dalam mengoperasikan fungsi MIN dalam Microsoft Office Excel. Semoga manfaat.
No comments:
Post a Comment