Mengatur Paragrap dengan Increase and Decrease Indent di Microsoft Word 2007

Pondok Microsoft Office, di dalam mengembangkan pengetahuan tentang pengoperasian program dan pengaturan dokumen terus melakukan pendalaman terhadap semua fasilitas yang telah disediakan oleh Microsoft OfficeWord  serta bagaimana fungsi dan cara mengoperasikannya.
Salah satu dari sekian fasilitas yang telah disediakan Microsoft Office Word adalah pengaturan paragrap dengan menggunakan ikon tertentu. Ini dimaksudkan agar kita—para pengguna—tidak merasa kesulitan dan bisa menyelesaikan pekerjaan kita dengan cepat.
Fasilitas yang kami maksud adalah Increase and Decrease Indent
Apa dan bagaimana fasilitas di atas?
Berikut penjelasannya

Increase Indent Adalah fasilitas yang berfungsi untuk menambah, meningkatkan atau menaikkan (meng-increase) level indentasi pada paragrap tertentu atau yang dipilih. Fasilitas ini sama dengan fungsi dari indentasi Left (lihat pada melakukan pengaturan indentasi).
Cara mengoperasikan Increase Indent
1.Letakkan kursor pada paragrap tertentu atau blok satu atau beberapa paragrap yang akan di atur
2.Klik tab menu Home 
3.Pada kelompok Paragraph klik ikon Increase Indent 
Lihat gambar berikut:

gambar ikon increase indent
4.Setelah meng-klik ikon increase indent, maka secara langsung paragrap yang sudah di pilih maka indentasinya akan naik atau bertambah.
Lihat contoh berikut.

contoh pengaturan increase indent
Keterangan: Jika anda mengklik 1 kali maka paragrap akan naik atau bertambah satu tab, klik 2 kali akan naik lagi dan seterusnya.

Decrease Indent 
Adalah fasilitas yang berfungsi untuk mengurangi (men-Decrease) level indentasi pada paragrap tertentu atau yang dipilih. Maksudnya adalah dengan meng-klik ikon decrease indent maka posisi paragrap akan kembali seperti semula yaitu berada pada garis pinggir kiri atau rata kiri.
Cara mengoperasikan Decrease Indent
1.Letakkan kursor pada paragrap tertentu atau blok satu atau beberapa paragrap yang akan di atur
2.Klik tab menu Home 
3.Pada kelompok Paragraph klik ikon Decrease Indent 
Lihat gambar berikut:

gambar ikon decrease indent
4.Setelah meng-klik ikon decrease indent, maka secara langsung paragrap yang sudah di pilih indentasinya akan turun atau berkurang.
Keterangan: Jika anda mengklik 1 kali maka paragrap akan turun atau berkurang satu tab, klik 2 kali akan turun lagi dan seterusnya.
Demikian pembahasan tentang pengaturan indentasi paragrap dengan ikon Increase dan Decrease Indent, semoga menjadi pengganti kursus anda. Selamat mencoba........

No comments:

Post a Comment