Pondok Microsoft Office setelah memberikan toturial tentang cara menambah gambar (picture) pada dokumen microsoft word, maka kali ini akan melanjutkan dengan bahasan tentang cara mengatur posisi gambar yang sudah ditambahkan atau di masukkan ke dokumen.
Gambar yang sudah di masukkan ke dalam dokumen tidak serta merta sesuai dengan apa yang kita harapkan, misalnya kita menginginkan gambar itu berada pada posisi di tengah, namun ketika kita insert gambar tersebut ternyata gambar itu ada di kiri, dan lain sebagainya.
Bagaimana menyesuaikan gambar sesuai yang kita harapkan, Microsoft Office menyediakan fasilitas sebagai berikut:
Contoh gambar yang sudah di insert.
Selanjutnya, untuk melakukan pengaturan pada gambar diatas, maka Microsoft Office menyediakan tambahan tab menu Format yang berisi picture tools.
Mari kita ikuti cara mengatur posisi/letak gambar sesuai keinginan.
1.Klik gambar yang akan di atur
2.Klik tab menu Format
3.Pada kelompok Arrange klik panah pada ikon position
Keterangan;
pada ikon position akan ditampilkan beberapa pilihan untuk meletakkan gambar sesuai kebutuhan, pilih salah satu posisi yang diinginkan, maka gambar akan secara otomatis menyesuaikan.
4.Jika pada tampilan itu tidak ada yang sesuai silahkan klik More Layout Options, maka...keluarlah
Dari beberapa pilihan Wrapping style silahkan klik salah satu, jika diperlukan atur wrap text dan distance from text.
5.Selanjutnya klik OK
Lihat salah satu contoh pengaturan dengan menggunakan Position in Midlle Center with Square Text Wrapping
Untuk posisi lainnya silahkan di coba sendiri, dan jangan lupa dikembangkan lagi agar posisi gambar lebih baik dan menarik.
Sekian terimakasih semoga tutorial ini manfaat. amin
Agar Gambar yang kita masukkan berada pada tempat yang kita inginkan, maka perlu kiranya membaca artikel di atas.
ReplyDelete.
Delete