Memahami Fungsi Paste-Special Pada Program Microsoft Excel 2010

Pernahkah anda melakukan perintah copy-paste? Pasti, itulah jawabannya. Pernahkah anda melakukan perintah copy dengan menggunakan paste special?
Kadang-kadang tergantung kebutuhan, mungkin itulah jawabannya. Dalam mengelola data—terutama data angka dan rumus-rumus dalam Excel,tentunya kita sering menggunakan fasilitas Copy – Paste agar pekerjaan kita cepat selesai, namun yang perlu kita fahami bahwa di dalam program Microsoft Excel terdapat fasilitas lain selain hanya Copy–Paste, fasilitas tersebut adalah Paste Special. Pada postingan kali ini Pondok Microsoft Office akan membahas dan menguraikan tentang fasiltas tersebut, semoga uraian ini bisa dipahami dan menjadi referensi kita dalam menyelesaikan pekerjaan menjadi lebih mudah dan cepat. Program microsoft excel memberikan fasilitas yang berhubungan dengan proses menyalin data, jika di dalam mengelola dokumen ada data yang butuh di tulis ulang supaya tidak memakan waktu lama maka kita bisa menggunakan fasilitas Copy-Paste, namun jika data yang kita kehendaki berupa data angka atau rumus tentunya kita tidak serta merta menggunakan fasilitas itu. Ada beberapa pilihan Paste yang bisa kita gunakan untuk menyesuaikan kebutuhan data tersebut. Fasilitas itu disebut Paste Special.
Mengapa kita menggunakan Fasilitas tersebut?
Dengan menggunakan Paste Special kita dapat menyalin isi dari suatu sel atau range tanpa mengindahkan format atau formula dan lain sebagainya Apa saja yang terdapat pada fasilitas Paste Special itu? Beberapa pilihan yang ada dalam fasilitas tersebut antara lain: a. All : Menyalin seutuhnya sama persis dengan aslinya, baik formula maupun format lain yang ada didalamnya. b.Formulas : Menyalin hanya formula/rumus saja c.Values : Menyalin nilainya atau angkanya saja d.Formats : Menyalin semua format yang ada dalam sel itu sebagimana asalnya e.Comments : Menyalin komentar dalam sebuah sel. Di sini kita perlu mengetahui bahwa excel  memiliki fasilitas pemberian komentar untuk setipa sel f. Validating : Menyalin validasi sel g. All except Border : Menyalin data tanpa mengikutsertakan garis bats h.Column Width : Menyalin sesuai dengan lebar kolom i. Formulas and Number Formats : Menyalin formula dan format angka sekaligus j. Values and Number Formats : Menyalin nilai dan format angka. Bagaimana cara mengoperasikannya? Tentunya anda tidak kesulitan dan mengoperasikan fasilitas ini, karena cara dan langkah-langkah sama ketika anda melakukan Copy-Paste. Hanya saja yang perlu anda pilih adalah Paste Special. Berikut Langkah-Langkahnya 1. Pilih atau blok data dalam sel atau range yang ingin anda salin 2. Klik Kanan pilih dan klik Copy atau klik menu Home pilih dan klik Copy pada group Clipboard 3. Kemudian letakkan kursor pada tempat untuk melakukan salinan 4. Klik Kanan pilih dan Klik paste Special atau klik menu home klik tanda panah di bawah paste di group Clipboard
ikon paste group clipboard
5. Klik Paste Special, selanjutnya akan ditampilkan gambar berikut:
dialog paste special
6. Pada tampilan di atas, pilih salah satu dari pilihan-pilihan paste sesuai kebutuhan anda.
7. Setelah selesai memilih selanjutnya klik OK 8. Lihat hasilnya. Apakah anda puas dengan sajian ini? Memang penggunaan Copy-Paste sangat banyak dan tidak hanya pada program tertentu saja, hampir seluruh program aplikasi disediakan fasilitas tersebut.  Semoga sedikit ilmu tentang memahami Paste Special pada Program Microsoft Excel ini menambah wawasan kita sehingga dalam menyelesaikan pekerjaan bisa lebih cepat, efesien, dan puas. Demikian terimakasih, disambung lagi lain waktu.........salam pengetahuan semoga anda puas.

No comments:

Post a Comment