Membuat Nomor Urut Menggunakan Rumus Excel 2007

Apa kabar teman-teman,,,,,,? Semoga masih semangat dalam meningkatkan pengetahuan.
Kesempatan kali ini msofficezone ingin berbagi pengetahuan tentang cara memasukkan nomor/penomoran, terutama pengaturan dengan menggunakan rumus excel.
Sering di dalam mengelola dokumen—terutama data tabel di excel—kita menggunakan penomoran/nomor urut. Yang perlu kita kembangkan di sini adalah bagaimana penomoran itu bisa di atur dengan berbagai model dan tentunya dengan menggunakan rumus excel sehingga bisa mempercepat kinerja kita.
Berikut salah satu model penomoran dan cara pengaturannya.
Pengaturan penomoran sesuai dengan dengan data yang ada. 
Yaitu penomoran yang muncul secara otomatis pada cell yang terdapat data, jika cell itu tidak ada data maka nomor itu tidak muncul.
Lihat data berikut
contoh data untuk penomoran
Keterangan: Nomor Urut pada data di atas belum tertulis, kita akan memasukkan nomor urut hanya pada cell yang ada namanya saja. Kita atur dengan menggunakan rumus excel.
Pada cell A5 tulis rumus IF sebagai berikut:
=IF(B5="","",COUNTA($B5:B$5)) 
Selanjutnya lihat hasilnya di bawah ini.
contoh penomoran dengan rumus excel
Perhatian
Jika komputer anda tidak respon pada tanda Koma (,) maka gunakan titik koma (;) dalam penulisan rumus.
Sekian salah satu jenis dari penomoran dengan menggunakan rumus excel, dan masih ada lagi yang belum sempat tertuang dalam postingan ini. Untuk selanjutnya silahkan baca di artikel berikutnya..
Semoga yang sedikit ini bermanfaat, mhn sarannya.....

2 comments:

  1. TRIMAKASIH BUUUUUANYAK PAK... :d

    ReplyDelete
  2. Bagaimana rumus untuk penomoran/no urut jika data kembar? Misal nama pembeli ada yg kembar atau nama itu melakukan pembelian 5x di tgl yg berbeda, dan kita ingin nomor urut sesuai dgn tgl pembelian.

    ReplyDelete