Microsoft Excel: Memahami dan mengoperasikan Rumus Excel IF Ganda

Pondok Microsoft Office: menyapa...Salam sejahtera para pecinta ilmu pengetahuan dan teknologi......
Bahasan kali ini yaitu tentang penggunaan fungsi IF Ganda atau IF Multi.
Pada bahasan tentang Memahami Fungsi Logika dalam Microsoft Office Excel 2007 telah di paparkan bahwa Fungsi IF ada dua, yaitu IF Tunggal dan IF Ganda.
Untuk IF Tunggal sudah kami paparkan sebelumnya, maka postingan ini akan menguraikan IF Ganda.
Apakah IF Ganda itu??? Suatu data yang terdiri dari 3 pilihan atau lebih, dimana data dan pilihan tersebut akan di kelola dengan menggunakan Rumus IF. Jadi IF Ganda adalah rumus yang di dalamnya terdiri dari 2 syarat dan 3 pilihan atau lebih dari itu. Bahkan mencapai maksimum 7 syarat dan 8 pilihan.
Untuk lebih jelas lihat sintaknya berikut: =IF(Ekspresi_Logika1,nilai_benar1,IF(Ekspresi_logika2,nilai_benar2,IF(ekspresi_logika3,nilai_benar3,Nilai_salah))) dst maksimum 8 IF
Keterangan:
Rumus/sintaks di atas terdiri dari 3 syarat dan 4 pilihan. Artinya ada 3 If yang tertulis dalam rumus tersebut dan ada 4 pilihan, yaitu 3 pilihan benar dan 1 pilihan salah.
Catatan: Tutup kurung akhir yang anda masukkan harus sesuai dengan jumlah IF yang anda tulis dalam rumus itu. Jika ada 2 IF dalam rumus anda maka tutup kurung harus 2, jika ada 3 maka tutup kurungnya ada 3, begitu seterusnya.
Lihat contoh penggunaan Sebuah pernyataan menggunakan 3 syarat 4 pilihan
 Jika kode Penerbangan G011, maka nama pesawat GARUDA
 Jika kode Penerbangan A012, maka nama pesawat AIR ASIA
 Jika kode penerbangan LA21, maka nama pesawat LION AIR
 Jika kode penerbangan MD50, maka nama pesawat MANDALA
Selanjutnya mari kita buat datanya;
Contoh data IF GAnda
Data di atas untuk mencari nama pesawat maka rumus excel yang harus di tulis adalah: D4=IF(C4=”G011”,”GARUDA”,IF(C4=”A012”,”AIRASIA”,IF(C4=”LA21”,”LI0NAIR”,”MANDALA”)))
Lihat bentuk penulisan rumusnya sbb. Bentuk penulisan rumus bisa anda tulis secara manual pada cell D4, sebagaimana tercantum seperti gambar di atas.
Selanjutnya kita lihat hasilnya setelah di ENTER
Hasil operasi rumus
Untuk mengetahui data selanjutnya ke bawah, gunakan Fill Handle, yaitu dengan cara:
1. Arahkan kursor di pojok kanan bawah pad cell D4 sampai muncul tanda plus tebal (+) seperti berikut, kemudian lakukan Drag ke bawah (Tarik).
2. Arahkan kursor di pojok kanan bawah pad cell D4 sampai muncul tanda plus tebal (+) seperti berikut, kemudian klik 2X (double click)
Lihat hasilnya:
Bagaimana??? Apakah tutorial ini membantu anda?,,silahkan anda kembangkan dan praktekkan berulang-ulang. Semoga bermanfaat dan terimakasiiih. Jumpa lagi di tutorial berikutnya.

4 comments:

  1. rumus if bisa di gabung penggunaannya dengan rumus lain sesuai dengan kategori yang dimasukkan

    ReplyDelete
  2. teman - teman kesulitan untuk belajar komputer karena kesibukan? kini kami memfasilitasi kursus komputer jarak jauh via online, silahkan kunjungi website kami di asianbrilliant.com, ilmu komputer, Editing Film, master Animator, Master Officer

    ReplyDelete
  3. Thanks banget ilmunya sam. Semoga dibalas oleh allah swt. :-)

    ReplyDelete
  4. punya saya cara penggunaan fungsi if ganda di microsoft excel, tentang nilai kuantitatif, cocok bagi guru kelas.

    ReplyDelete