MEMAHAMI TIPE-TIPE DATA PADA PROGRAM APLIKASI MICROSOFT ACCESS

Postingan kali ini Pondok Microsoft Office menyajikan berbagai tipe data dalam program aplikasi Microsoft Access.
Adapun tipe-tipe data yang terdapat dalam Microsoft Office Access adalah sebagai berikut:
1. Text, digunakan untuk data text atau kombinasi dari text dan number. Misalnya penulisan alamat atau number yang tidak digunakan untuk perhitungan, contoh nomor telepon dll.
Tipe ini menerima hingga 255 karakter. Property Field Size mengatur jumlah maximum dari karakter yang dapat dimasukkan.
2. Memo, digunakan untuk menerima text dan number yang lebih panjang, seperti catatan atau penjelasan dari sesuatu. Tipe ini menyimpan sampai 65.536 karakter.
3. Number, digunakan untuk jenis data pada operasi perhitungan, kecuali perhitungan dengan uang—jenis ini menggunakan data Currency. Tipe ini menyimpan sampai 1, 2, 4 dan 8 bytes.
4. Date/Time, digunakan untuk data tanggal dan waktu
5. Currency, digunakan untuk nilai keuangan dan untuk menghindari pembulatan selama operasi perhitungan.
6. AutoNumber, digunakan untuk nilai urutan yang unik atau angka random yang akan otomatis ditambahkan pada saat data dimasukkan
7. Yes/No, digunakan untuk data yang hanya menerima satu jawaban saja dari dua pilihan, seperti Yes/No, True/False, On/Off.
8. OLE Object, digunakan untuk objek OLE (seperti Mcrosoft Word Document, Microsoft Excel Spreadsheets, Gambar, suara dll)yang dibuat dengan aplikasi lain.
9. Hyperlink, digunakan untuk menyatukan data satu dengan lainnya (Hiperlink)
10.Lookup Wizard, untuk membuat field yang memungkinkan untuk memilih data yang  diambil dari tabel lain atau dari daftar lain dengan menggunakan combo box. Data ini membutuhkan ukuran yang sama sebagai primery key.
Lihat gambar design view berikut:

gambar tipe data
Hal lain yang juga sangat penting dalam proses pengelolaan data Microsoft Office Access adalah CONSTRAINT
CONSRAINT adalah batasan atau aturan yang ada pada tabel. Constraint digunakan untuk menentukan berbagai macam batasan pada field, antara lain:
1. Primery Key,  yaitu atriut (field) yang dipiih untuk menentukan struktur storage pada organisasi file multi key. Nilai dari primery key adalah unik dan digunakan untuk menentukan field yang merupakan kunci dari tabel.
Kriteria Primery Key
a. Lebih natural untuk dijadikan acuan
b. Lebih sederhana
c. Unik
2. Not Null, yaitu tidak boleh kosong (tidak boleh bernilai Null) sehingga NOT NULL diterapkan pada field, dan selalu minta diisi, jika tidak akan terjadi error.
3. Unique, digunakan untuk mendefinisikan suatu kolom menjadi lebih unik
4.      Foreign Key, yaitu sebuah kumpulan field falam satu relasi untuk menunjuk ke suatu baris pada relasi yang lain.
Demikian tipe dan jenis data yang ada pada database Microsoft Office Access. Semoga menjadi perhatian ketika hendak mengelola data dengan menggunakan Microsoft Office Access agar tidak terjadi kesalahan. Terimakasih........
Tulisan ini sebagian di ambil dari materi pelajaran Komputer SMK terbitan PISTA

No comments:

Post a Comment